PROFIL PPTK

       Berbagai tantangan lokal dihadapi pendidikan di Indonesia. Diantaranya kemerosotan moral, kebodohan, kemiskinan, lunturnya nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme dan patriotisme yang melemah. Human Development Indexs (HDI) Indonesia yang rendah menunjukkan tingkat daya saing bangsa yang harus ditingkatkan secara intensif. Di sisi lain harus menghadapi era persaingan bebas maupun tantangan global lainnya. Berbagai tantangan abad XXI tersebut menuntut kualitas sumber daya manusia yang unggul dalam persaingan global. Jalur utama peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui pendidikan berkualitas didalam keluarga, di sekolah, maupun luar sekolah. Pendidikan harus mampu mengembangkan manusia mandiri, memiliki keunggulan kompetitif dan kreatif dalam memecahkan ragam permasalahan kehidupan yang dihadapi.

       Generasi masa depan perlu berbekal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu dan mau belajar belajar sepanjang hayat, menguasai bahasa komunikasi global, memiliki kecerdasan multiple agar dapat mengaktualisasikan diri secara optimal. belajar merupakan kebutuhan hirarki manusia untuk teris meningkatkna harkat, martabat, dan peradaban agar dapat tetap eksis dala kehidupan yang penuh dengan tantangan global.

       Belajar pada individu dapat terjadi jika lingkungan beserta isinya mampu mengembangkan situasi kondusif yang membelajarkanm dan si belajar mau berinteraksi dengan sumber belajar yang ada dilingkungannya. Orang tua, guru, dan semua orang harus dapat berperan sebagai pembelajar untuk diri sendiri, putra-putrinya, maupun peserta didik lainnya.

       Pendidik atau pembelajar sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan harus selalu meningkatkan kompetensi profesinya secaraberkelanjutan agar dapat menembangkan beragam pembelajaran yang ondusif, efektif, menyenangkan, kreatif, dan inovatif dengan tetap mengacu pada nilai-nilai luhur kepribadian bangsa.

       Banyak upaya dilakukan untuk peningkatan profesionalisme guru berupa sertifikasi guru, program pendidikan S1 dalam jabatan dan sebagainya guna mengembangkan kualitas guru agar memiliki kualifikasi sesuai dengan standar nasional yang ditetapkan.untuk menunjang profesionalisme guru, LPPTK mengadakan diklat atau pelatihan untuk mengembangkan kualitas guru agar memilki kualifikasi sesuai dengan standar nasional yang meliputi:
       1. Pelatihan Penjaminan Mutu Sekolah
       2. Pelatihan E-Learning
       3. Diklat Perpustakaan
       4. Diklat Penulisan Karya Ilmiah
       5. Diklat Penelitian Tindakan Kelas
       6. Diklat Pengembangan Jaringan Kerjasama
       7. Diklat Pembelajaran Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>